Hoax dan Mitos mengatakan Memar Biru karena Dijilat Setan

Hoax  mengatakan bahwa tiba-tiba kaki tiba-tiba muncul lebam warna biru menandakan bahwa itu terjadi karena di Jilat oleh Setan. Memang orang awam mengatakan Mitos luka lebam ini karena jilatan setan. 

Sejumlah  orang kadang masih mengaitkan kondisi lebam dengan masalah Mistik padahal telah dijelaskan secara medis bukan karena dijilat setan. Biasanya lebam paling sering muncul di kaki dan bisa juga pada lengan

Hal tersebut terjadi bukan karena jilatan setan tetapi terjadi pecahnya dinding pembuluh darah. Kondisi ini biasanya menyerang pada wanita . Dalam dunia medis lebam warna biru terjadi karena adanya penggumpalan darah yang disebabkan oleh psikologis yaitu stress dan terjadi kelelahan pada fisik seseorang.  Menurut Prof. Zubairi paling mudah untuk mengatasi adalah kurangi tingkatan stress dan banyak istirahat. Pengaruh dari obat-obatan bisa juga menimbulkan memar atau bercak biru di kulit seperti penggunaan Aspirin, Clopidogrel, Warfarin dapat berpotensi untuk perdarahan sehingga membentuk lebam biru.

Jika Ditambah kondisi seseorang anemia atau kekurangan sel darah merah yang mengakibatkan   darah yang encer mengalir terus keluar yang akhirnya muncul lebam biru. Konsumsi Obat jenis kortikosteroid akan membuat lapisan kulit lebih tipis dan akan menambah risiko terjadinya memar. Obat ini  memiliki efek samping, karena itu perlu hubungi dokter ahli jika kalian  mengalami bercak memar setelah mengonsumsi obat yang berjenis kortikosteroid. Jadi kita sesering mungkin berkonsultasi dengan dokter jika sudah terlalu sering muncul lebam biru karena dengan frekuensi yang sering terjadi lebam diduga seseorang terkena hemofilia.

Sahabat tidak perlu kaget jika ini terjadi secara tiba-tiba tipsnya adalah kurangi stress jika sudah terjadi kelelahan perbanyak istirahat. Jika hal tersebut dilakukan maka tanda lebam warna biru pada kaki akan musnah dengan sendirinya jika fisik kita sudah stabil dan pengaruh stress sudah hilang.

Akan tetapi jika anda terlalu sering terjadi lebam biru bukan karena stress dan kecapean anda segera hubungi dokter setempat yang terdekat.

0 Response to "Hoax dan Mitos mengatakan Memar Biru karena Dijilat Setan"

Post a Comment