Pengiriman TKI Illegal ke Jeju Masih Terus Mengalir


Seoul (14/2) - Kemungkinan besar secara terus menerus Gelombang pengiriman TKI Illegal  ke Korea Selatan  masih berlangsung  khususnya ke wilayah Jeju. Menurut KBRI di Korsel John Prasetio sangat mengharapkan pihak berwajib di tanah air dapat mencegahnya dengan segera.

Sebelumnya pernah diberitakan bahwa ada 55 WNI illegal diberangkatkan ke Jeju, Korsel.  Saat ini KBRI di Seoul tengah Korea Selatan sedang mengupayakan untuk penyelesaian administrasi dan membantu kebutuhan sebanyak 10 WNI yang sudah kehabisan bekal. Sepuluh  WNI di antaranya ingin pulang sedangkan sisanya tidak dapat diketahui nasib rimbanya.



 
Sementara itu, KBRI memberikan kabar  lagi bahwa ada 26 WNI yang datang berasal dari kloter 1 dan 2 masih dibawa oleh  broker yang berpindah-pindah di Jeju.  26 WNI tersebut yang dibawa broker saat ini belum mendapat pekerjaan yang sudah  dijanjikan sebelumnya. Selain itu modus penawaran kerja di jeju semakin santer, terutama di wilayah Indramayu. Bahkan ada isu dari media pada bulan Februari 2016  ini akan ada lagi WNI yg diberangkatkan ke Jeju.


John Prasetio Dubes RI menginginkan pihak berwajib di Indonesia  dengan segera melakukan upaya tindakan tegas dan  preventif harus segera dilakukan karena sudah terlalu banyak kelakuan para pihak broker yang dengan sengaja menjerumuskan sesama Warga Negara Indonesia memberangkatkan TKI Tanpa surat-surat  yang benar yang dapat menimbulkan  potensi masalah hukum bagi para korban TKIsemakin  runyam. Berikut pernyataan John Prasetio seperti yang dilansir oleh Media pada hari Sabtu 13 februari 2016  "Saya minta dengan sangat agar pihak berwajib di Indonesia dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan secara cepat agar korban tidak bertambah. Para pelaku perdagangan manusia ini harus diajukan ke pengadilan sesuai hukum yang berlaku”.

Pemberangkatan TKI Illegal ini merupakan kongkalingkong oleh para oknum dikedua negara. Bahkan TKI yang siap diberangkatkan  sebelumnya sudah diperas untuk membayar sebesar Rp 100 juta agar bisa diberangkatkan ke Jeju dengan izin visa yang tidak sesuai peruntukannya.

0 Response to "Pengiriman TKI Illegal ke Jeju Masih Terus Mengalir"

Post a Comment